Di zaman yang serba menggunakan kecanggihan teknologi seperti sekarang, memasarkan produk yang dimiliki bisa dilakukan dengan lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan digital agensi dan search engine marketing untuk mendapatkan pembeli yang lebih banyak. Tapi, sebenarnya apa itu? Yuk, kenali lebih dekat dulu!

Apa Itu Digital Agency?

Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia teknologi, hal ini jelas sudah sering sekali didengar. Namun, bagi mereka yang masih awam, tentu akan sulit. Sebenarnya, digital agency atau digital agensi ini adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan aset digital bagi perusahaan atau individu yang membutuhkan.

Lalu, Anda mungkin bertanya, kenapa namanya harus menggunakan agensi? Itu dikarenakan dalam pelaksanaannya, ia tidak bekerja sendiri.

Ada pihak-pihak lain yang bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan klien. Fokus pemasaran dari digital agensi ini adalah pemasaran digital dengan mendapatkan informasi mengenai produk dan jasa yang dijual.

Nantinya, semua akan tersaji secara lengkap ketika Anda menggunakan mesin penelusuran untuk mencarinya. Dalam dunia pemasaran digital ini, mereka menggunakan berbagai tahapan penjualan daring seperti riset bisnis, pertimbangan bisnis dan tahap pembelian yang semuanya dilakukan secara digital.

Nantinya mereka akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan seperti info detail produk, layanan dan lainnya sesuai dengan waktu yang telah ditargetkan untuk penyelesaian proses tersebut.

perusahaan jasa digital agency di jakarta

Pengertian Digital Marketing atau SEM

Setelah itu, Anda bisa beralih sejenak ke digital marketing atau SEM. Bila digital agensi masih menggunakan pola tradisional dan menggabungkannya dengan pola modern untuk mencapai target pemasaran, berbeda dengan digital marketing atau SEM. Ia lebih terfokus pada pemasaran digital yang cepat, instan dan dapat diandalkan untuk prospek bisnis.

Terlepas apakah bisnis Anda termasuk dalam kategori bisnis ke bisnis atau B2B dan bisnis ke konsumen alias B2C, digital marketing ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan prospek bisnis yang lebih menjanjikan ke depannya. Agen pengelolaan pemasaran digital akan membantu Anda mengelola iklan digital berdasarkan hal tertentu.

Mereka juga akan memastikan bahwa prospek yang dihasilkan akan berada dalam biaya yang masuk akan dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan pada bisnis Anda.

Ada banyak media yang biasanya digunakan untuk digital marketing ini. Salah satyunya adalah website, blog hingga sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Line dan masih banyak lagi.

Digital marketers atau pemasar digital yang baik nantinya akan memiliki gambaran yang jelas mengenai setiap kampanye digital yang akan mereka lakukan untuk mendukung tujuan bisnis klien.

Nah, pemasaran dengan cara digital atau sering juga disebut dengan pemasaran situs web ini sebenarnya dipecah dalam beberapa fitur dan layanan penting seperti ini!

Baca Juga :  Alasan Digital Advertising, Penting.

Jasa Search Engine Optimization (SEO)

Salah satu fitur dan layanan penting yang dimiliki oleh digital marketing adalah jasa layanan SEO. Ini adalah proses pengoptimalan situs web yang mana web Anda akan mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencarian. Dengan begitu, jumlah trafik organik atau tidak berbayar akan meningkat di situs Anda.

Secara sederhana, memang itulah manfaat dari adanya SEO ini. Namun, sebenarnya itu hanyalah sebagian kecil dari konsep SEO itu sendiri.

Selain membuat trafik organik website Anda tinggi, SEO sebenarnya juga mampu membantu Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi, Anda tak hanya fokus pada trafik yang tinggi tapi juga yang sesuai dengan tujuan pasar.

Namun, untuk bisa mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, tentunya Anda harus mematuhi aturan yang berlaku di mesin pencarian semisal Google.

Anda harus memahami bagaimana caranya kerja SEO, algoritma Google dan indikator utama SEO. Lalu, bagaimana dengan cara kerja SEO itu sendiri?

Perusahaan Digital Agency

Untuk cara kerja, mesin pencarian yang dalam hal ini adalah Google menerapkan algoritma tertentu. Goole sendiri sudah menerapkan delapan algoritma major update untuk menentukan trafik sejak tahun 2011 lalu. Nah, dengan banyaknya algoritma yang ada, tentunya Anda harus selalu update tentang algoritma Google ini.

Hal ini bertujuan supaya optimasi yang ada berdasarkan algoritma menjadi lebih efisien dan efektif. Kalau Anda menggunakan algoritma yang lama, tentunya efeknya juga akan berbeda. Salah satu taktik lama yang sekarang sudah tak efektif dan sebaiknya tak Anda gunakan lagi adalah keyword stuffing.

Keyword stuffing ini sendiri adalah praktik memasukkan keyword sebanyak-banyaknya disebut artikel. Cara ini dulu sangat efektif untuk meningkatkan trafik.

Namun, sekarang sudah tidak relevan lagi. Bahkan, bila Anda masih menggunakan cara ini, Anda bisa terkena penalti bila ketahuan menggunakannya.

Lalu, hal apa yang harus Anda perhatikan berdasarkan algoritma SEO terbaru ini? Ada beberapa indikator yang harus Anda perhatikan.

Salah satunya adalah struktur URL. Bila struktur URL Anda sederhana, maka mesin pencarian akan mudah mengenai website Anda. Selain itu, ada juga penggunaan SSL atau TLS.

Penggunaan ini akan mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website sehingga keamanan pengguna lebih terjaga. Selain itu, ada topik konten yang harus dilihat.

Topik yang saling membangun di satu website juga akan meningkatkan trafik organik. Ada juga search intent yang merupakan satu kata kunci yang dimasukkan untuk dua hal yang berbeda.

Baca Juga :  Platform Digital Marketing Populer di Indonesia

Struktur konten juga harus diperhatikan. Konten yang mudah dipahami pembaca juga akan meningkatkan trafik. SEO sekarang ini bisa berfungsi dengan baik karena mendapat peringkat yang diterapkan bersama dengan tren terbaru. Namun, meski SEO adalah layanan yang efektif, tapi dia bisa jadi lebih efektif bila dikombinasikan dengan PPC.

PPC atau Pay Per Click

Bayar per klik atau pay per click sering disebut sebagai iklan online atau Google Advertising. PPC ini adalah tempat Anda menempatkan iklan di bagian atas hasil pencarian untuk istilah pencarian tertentu

Selain itu, PPC ini juga seringkali disebut sebagai cara membeli visit atau kunjungi ke web dan bukan dengan mendapat trafik web organik.

Meskipun Anda memasang iklan berbayar, namun Anda hanya akan membayar bilamana pengguna internet mengklik iklan Anda dan membawa Anda ke situs web atau panggilan Anda dari halaman hasil pencarian. Jadi, hanya akan membayar bila mendapatkan klik dari yang membawa keuntungan saja.

PPC sendiri terbagi ke dalam beberapa bagian. Salah satunya adalah search advertising yang merupakan jenis PPC paling terkenal. Anda sendiri pasti pernah menemukan jenis iklan yang satu ini. Jenis iklan ini muncul di search engine result page atau halaman hasil pencarian seperti Google.

Selain itu, ada juga social advertising yang mungkin pernah Anda lihat juga. Anda pasti pernah melihat iklan ketika melakukan scroll feed di Instagram atau Facebook, kan? Itulah maksudnya. Meskipun itu sering disebut sebagai social media marketing, namun sebenarnya ini adalah bagian dari PPC juga.

Sama halnya seperti search advertising, Anda hanya akan membayar bila ada yang mengklik link tersebut saja. Jenis lainnya adalah remarketing yang biasanya muncul di suatu website dan mengarahkan Anda pada website lain ketika di klik.

Ini adalah salah satu metode yang paling efektif untuk menggaet pengunjung yang tepat karena memang menargetkan orang tertentu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, PPC akan sangat efektif bila dipadukan dengan SEO.

Situs web yang dioptimalkan dengan baik menggunakan keduanya akan meningkatkan mutu kampanye iklan Google Anda. Hal ini juga akan menghasilkan pengurangan biaya per klik yang harus dikeluarkan sehingga akan lebih baik untuk anggaran Anda.

Jasa Facebook Ads

Bukan hanya melalui website saja Anda bisa melakukan digital marketing. Menggunakan jasa pemasaran media sosial seperti Facebook Ads juga efektif.

Platform ini menjadi tempat bisnis yang menjanjikan prospek tinggi karena ada lebih dari 38 juta pengguna aktif Facebook dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga :  Belajar Digital Marketing Terlengkap Untuk Pemula

Facebook Ads sendiri nantinya memiliki tugas untuk menyebarkan konten iklan Anda di timeline user Facebook. Terlepas apakah nantinya pengguna Facebook sesuai dengan tujuan pemasaran Anda atau tidak, namun Facebook Ads ini sangat aktif untuk meningkatkan layanan dan produk Anda.

Facebook Ads menargetkan pelanggan yang fleksibilitas selama proses periklanan dan ini menjadi prospek yang menjanjikan penjualan dan untung yang lebih besar karena makin banyak peluang mendapatkan pembeli baru. Aktivitas ini sebenarnya bisa Anda lakukan secara mandiri atau bekerja sama dengan SEO atau PPC.

Namun, kalau Anda ingin hasil yang lebih baik, tentunya bekerja sama dengan SEO atau PPC akan lebih baik. Penggunaan semuanya secara bersamaan akan menunjukkan target pengguna yang lebih terukur. Ketika komputer pengguna mengunjungi situs Anda, maka komputer mereka sudah ditandai menyukai produk atau layanan Anda.

Manajemen Reputasi

Nah, sebelum mempertimbangkan melakukan pembelian, biasanya pelanggan akan mencari info mengenai produk yang Anda jual semisal ulasan dan harga serta kualitas dari produk yang dijual. Anda tentunya harus menanggapi semuanya dengan ulasan positif yang dikelola dengan baik.

Untuk ulasan yang negatif pun, Anda juga harus menanggapinya dengan positif dan membangun sehingga bisa terus berkembang dan memperoleh konversi terhadap penjualan produk dan jasa Anda.

Digital agency biasanya menyebut hal ini dengan manajemen reputasi atau manajemen reputasi online. Hal ini sangat perlu dilakukan mengingat dengan manajemen reputasi yang baik itu akan mendatangkan kepercayaan kepada pelanggan dan pelanggan pun tak akan kecewa setelah membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada pelanggan yang belum pernah berbelanja di tempat Anda.

Selain itu, Anda juga harus ingat, Anda tak bisa memuaskan semua orang dengan produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, bila ada review yang buruk, Anda harus mengelolanya dengan baik sehingga menjadi positif untuk bisnis Anda. Ingat, satu ulasan buruk yang dikelola dengan baik sama bagusnya dengan sepuluh ulasan baik untuk reputasi bisnis Anda.

Jadi, sudah mengenal lebih baik tentang digital agency dan search engine marketing, kan? Anda bisa memanfaatkan semua itu untuk keunggulan dan pemasaran produk Anda. Ada banyak jasa dan penyedia layanan untuk digital marketing ini yang bisa Anda temukan. Pilihlah salah satu yang terbaik untuk pemasaran lebih baik juga terhadap produk Anda.