Bagaimana Mengetahui Keberhasilan SEO?

Jika Anda mencari informasi lebih lanjut tentang SEO, apakah Anda sedang belajar atau Anda dalam proses mencari salah satu penyedia jasa SEO yang profesional, RYJ adalah solusi yang tepat untuk anda!

Kami akan membahas semua tentang metode juga KPI dalam Strategi SEO, Anda perlu perhatikan sebelumnya untuk menjalankan SEO, agar Anda dapat mengukur seberapa besar tingkat keberhasilan dari effort SEO tersebut dan juga dampaknya bagi bisnis Anda

Metode & KPI Yang Dapat Digunakan

Ada banyak sekali variable yang berperan dalam menentukan kesuksesan dari strategi SEO, oleh karena itu diperlukanlah KPI dan metode yang sudah ditetapkan sebelum memulai campaign SEO.

KPI (Key Performance Indicator) inilah dapat membantu kami sebagai salah satu penyedia jasa SEO terbaik di jakarta untuk mengetahui apakah metode yang telah digunakan sudah bekerja dengan maksimal atau belum.

KPI dalam SEO akan memberikan sedikit gambaran kepada klien kami dan juga membantu mereka dalam menetapkan ekspektasi. Parameter dari KPI seperti ranking website, traffic, domain authority (DA), maupun keyword yang sudah memiliki posisi tinggi menjadi faktor yang sangat penting dalam dunia SEO.

KPI Mengukur Keberhasilan SEO

Faktor SEO Untuk Mencapai Business Objective

Sisi lain dari KPI tersebut, RYJ sebagai salah satu perusahaan Jasa Digital Marketing Agency terbaik di Jakarta berusaha untuk memberikan report seperti : berapa besar peningkatan dalam sales (penjualan) atau leads, online presence, dan brand awareness mereka. Pada kenyataannya, disinilah hasil akhir yang klien harapkan dari menjalankan strategi SEO bisnis mereka.

Baca Juga :  Is Changing Your URL Structure a Bad Idea?

RYJ melihat SEO sebagai suatu investasi jangka panjang yang dapat dilakukan oleh klien kami, kedepannya akan membuahkan hasil.

Berbeda dengan perusahaan penyedia jasa SEO lainnya hanya menjanjikan akan traffic website tinggi dan juga keyword di halaman pertama, Perusahaan kami juga akan berusaha untuk mencapai tujuan akhir dari campaign Search Engine Optimization yang diharapkan oleh para pebisnis.

Menyesuaikan Business Objective Dengan SEO Strategy

Jika klien datang dan ingin menaikkan sebuah keyword, kami akan menanyakan kepada mereka “mengapa memilih keyword tersebut?” dan “apakah keyword tersebut relevan?

Setelah menganalisa dan mengerti objektif sebenarnya, kami dapat memberikan rekomendasi terbaik untuk keyword yang memberikan nilai tambah bagi bisnis mereka.

Faktor banyaknya suatu keyword memiliki peringkat tinggi sangatlah penting, namun peningkatan profit penjualan yang diperoleh dari kampanye SEO dan ROI (Return on Investment) yang akan mereka dapatkan juga tidak kalah pentingnya untuk seberapa besar kesuksesan Search Engine Optimization tersebut.

Jadi secara singkatnya, KPI dalam SEO merupakan sebagai faktor penyambung antara objektif bisnis anda dengan campaign SEO yang kami lakukan.

Inilah Beberapa Kategori KPI Dalam SEO

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi KPI terdapat dalam dunia Search Engine Optimization (SEO), RYJ selalu merangkum beberapa kategori KPI sehingga menjadi kategori yang sesuai dengan objektif dari customer kami.

Objektif bagi pebisnis yang baru meluncurkan sebuah brand ataupun produk akan berbeda dengan bisnis yang sudah berjalan dan menginginkan customer lebih banyak lagi.

Baca Juga :  7 Brands That Will Inspire You to Create Awesome Content

Selanjutnya, bisnis yang berdiri sudah lama pasti memiliki tujuan untuk meningkatkan customer mereka. Terdapat sisi lainnya, bisnis yang baru ingin meningkatkan brand awareness dari berbagai lapisan masyarakat terhadap produk atau jasa mereka. Selain itu, perusahaan yang bergerak dibidang industri berbeda juga akan target KPI SEO tersebut.

Sekarang kita ambil salah satu contoh, suatu perusahaan yang bergerak pada bidang “consumer goods” biasanya ingin meningkatan penjualan, sedangkan bisnis yang berfokus dibidang jasa akan menginginkan “sales leads” atau bisa juga disebut prospek.

Daftar 3 Kategori KPI Dalam SEO

Berdasarkan objektif bisnis, kami dapat mengkategorikan beberapa KPI dalam Search Engine Optimization yaitu :

Selain ketiga faktor di atas, ada beberapa KPI dalam SEO yang lebih spesifik lagi nih seperti : customer retention, reputasi brand, dan lainnya.

Oleh sebab itu sebelum memulai menggunakan strategi Search Engine Optimization, kami selalu menanyakan objektif apa yang akan dicapai oleh klien kami. Dari situlah kami baru bisa membuat strategi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Perlu anda ketahui bahwa setiap klien pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, beberapa strategi yang berhasil bagi klien A belum tentu strategi tersebut berhasil pada klien B.

Banyak sekali faktor terhadap strategi ini, oleh karena waktu dan tenaga yang dibutuhkan berbeda untuk setiap klien pastinya, RYJ tidak pernah bisa langsung memberikan proposal ataupun harga jika belum mengetahui apa yang klien kami butuhkan.

Baca Juga :  Everything You Need to Know About the X-Robots-Tag

KPI SEO Untuk Tolak Ukur Brand Awareness

Ketika kita bahas tentang brand awareness atau kesadaran masyarakat dari sebuah brand, beberapa KPI biasanya kami menggunakannya adalah :

KPI SEO Untuk Mengukur Engagement

Faktor KPI dalam SEO yang biasa dipakai untuk menjadi tolak ukur suatu keberhasilan campaign Search Engine Optimization dari segi interaksi user di website anda :

KPI SEO Untuk Mengukur Tingkat Konversi

Digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah campaign search engine optimization dilihat dari sisi konversi sangatlah beragam karena konversi yang diminta oleh perusahaan berbeda-beda. Beberapa KPI yang biasanya digunakan diantaranya :

Nah, apakah sekarang anda sudah mengerti tentang bagaimana KPI Mengukur Keberhasilan SEO? Jika anda membutuhkan Strategi ini untuk meningkatkan profit perusahaan, RYJ Digital Agency adalah solusi terbaik tahun ini. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga.